Linux, Sysadmin, Ubuntu

Error ping Ubuntu: socket: Operation not permitted

Sudah bukan rahasia lagi bahwa untuk mengetahui sebuah host hidup atau tidak kebanyakan dari kita menggunakan sebuah tools yang bernama ping. Ping...

· 1 min read >
ping error ubuntu tools

Sudah bukan rahasia lagi bahwa untuk mengetahui sebuah host hidup atau tidak kebanyakan dari kita menggunakan sebuah tools yang bernama ping. Ping ini sendiri biasanya akan ada secara default pada hampir semua sistem operasi, kecuali mobile, karena pada kasus sistem operasi mobile perlu menggunakan emulator tambahan untuk menjalankannya.

Pada tulisan kali ini kita akan coba membahas tentang tools satu ini, karena kebetulan beberapa saat lalu Saya mengalami insiden tools ping ini tidak bisa di gunakan sebagaimana mestinya pada ubuntu server yang baru saja Saya install.

Baca: Perbedaan Ubuntu 22.04 LTS dan Ubuntu 20.04 LTS

Apa Itu Ping?

Ping (Packet Internet Gopher) merupakan sebuah tools yang dapat di gunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis TCP/IP. Pengujian di lakukan dengan cara mengirimkan paket kepada komputer yang di maksud melalui alamat IP dan menunggu balasan dari komputer tersebut.

Atau untuk lebih jelasnya dapat teman-teman baca disini.

Contoh Penggunaan

Ping dapat di gunakan dengan sangat mudah, dengan syarat Kita sudah mengetahui alamat IP komputer yang ingin kita uji coba. Berikut ini adalah contoh sintaks yang di gunakan;

ping 192.168.1.1

Oh ya ada juga beberapa atribut yang sering di gunakan dalam penggunaan tools ping ini. Seperti penggunaan -t pada akhir atau awal perintah. -t dapat di gunakan saat Kita ingin melakukan ping secara terus menerus tanpa terputus.

Berikut contohnya;

ping -t 192.168.1.1

Atau bisa juga menggunakan penulisan pada akhir perintah;

ping 192.168.1.1 -t

Error Ping Ubuntu. socket: Operation not permitted

Nah sampailah Kita pada inti utama dari tulisan ini, yaitu error yang kemarin sempat Saya alami setelah menginstall server baru. Untuk mengatasi error ini sebetulnya cukup mudah, namun tetap saja jam terbang memang menentukan. Saya harapkan dengan membaca tulisan ini dapat mengatasi teman-teman yang memiliki masalah yang sama.

Solusi:
Solusinya dapat dengan langsung menginstall atau reinstall paket ping yang mengalami masalah, dapat di lakukan dengan perintah;

sudo apt install iputils-ping --reinstall

Dengan menggunakan perintah di atas, maka masalah sudah dapat teratasi dengan baik. Selanjutnya tools ini dapat di gunakan kembali.

Kesimpulan

Jadi untuk mengatasi error ping ubuntu ini dapat di lakukan dengan hanya melakukan reinstall paket software yang bermasalah. Dengan begitu semua dapat berjalan kembali seperti biasa. Selamat mencoba.

Sumber: https://www.linuxsec.org/2019/07/mengatasi-error-ping-socket-operation.html
Images: https://id.wikipedia.org/wiki/Ping#/media/Berkas:Ping_iputils_screenshot.png

cara restore database mysql mariadb mysqldump aris krisna akm.web.id

Cara Restore Database MySQL

Aris krisna in Linux, Sysadmin, Ubuntu
  ·   1 min read
cara backup database mysql mariadb mysqldump aris krisna akm.web.id

Cara Backup Database MySQL

Aris krisna in Linux, Sysadmin, Ubuntu
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *