Ubuntu Flavours

Ubuntu flavour

Ubuntu Flavours atau rasa ubuntu atau varian dari ubuntu adalah beragam desktop yang ditawarkan oleh ubuntu sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Secara garis besar ubuntu dibagi menjadi 7 varian, yaitu

  • Ubuntu GNOME
  • Kubuntu
  • Ubuntu Kylin
  • Lubuntu
  • Ubuntu Mate
  • Ubuntu Studio
  • Xubuntu

Bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan sistem operasi yang legal dan gratis, ubuntu dapat menjadi pilihan. Atau jika kamu ingin mencoba sesuatu yang baru. Atau kamu sudah lelah dengan windows bajakan, linux lah solusinya. Ubuntu ditawarkan secara gratis dan didukung oleh komunitas yang sangat luas. Varian dari ubuntu pun beragam. Silahkan cek daftar berikut agar kamu tidak salah pilih.

Ubuntu GNOME

Ubuntu Gnome
Ubuntu Gnome

Desktop default dari ubuntu menggunakan GNOME. Jika sebelumnya default desktop ubuntu menggunakan Unity, namun hanya sampai versi 16.x saja. Selebihnya ubuntu memilih untuk menggunakan desktop default GNOME. Walaupun menggunakan DE baru, tapi masih ada mirip sedikit dengan DE Unity terdahulu.

Kubuntu

Kubuntu Desktop
Kubuntu Desktop

Ubuntu flavour yang menggunakan desktop KDE Plasma adalah Kubuntu. DE ini cocok digunakan untuk komputer di rumah atau di kantor kamu. Dengan interface menawan dan mudah di operasikan. DE ini juga didukung oleh software center Discover yang memudahkan kamu untuk install aplikasi yang dibutuhkan.

Baca: Tutorial Install Kubuntu 18.04

Lubuntu

Lubuntu Desktop
Lubuntu Desktop

Varian linux selanjutnya yaitu lubuntu. Lubuntu menggunakan Desktop LXDE. DE ini juga cocok kamu gunakan untuk keperluan sehari hari. Lubuntu juga di dukung oleh software center discover untuk keperluan aplikasi kamu. Konon kabarnya lubuntu juga lebih ringan dibalut dengan theme indah yang dapat kamu customize.

Xubuntu

Xubuntu Desktop
Xubuntu Desktop

Untuk flavour xubuntu menggunakan desktop XFCE. DE ini merupakan salah satu yang paling ringan. Xubuntu juga ramah pada hardware karena memang tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi untuk menjalankan sistem operasi ini. Varian ubuntu ini dapat menjadi pilihan kamu saat kamu ingin menggunakan komputer lama mu. Selain ringan DE ini juga cantik dan tentunya mudah digunakan juga dapat kamu customize.

Ubuntu Kylin

Ubuntu Kylin Desktop
Ubuntu Kylin Desktop

Nah varian ini khusus diperuntukan untuk para pengguna ubuntu di China. OS ini tersedia dalam dua arsitektur baik 32 bit maupun 64 bit. Bahasa default Ubuntu Kylin yang digunakan pun adalah bahasa china. Softwarenya juga disesuaikan dengan market yang ada di china sana.

Ubuntu Mate

Ubuntu Mate Desktop
Ubuntu Mate Desktop

Ini merupakan versi tradisional dari ubuntu. Ubuntu Mate menggunakan desktop berbasis dari Gnome 2 bukan gnome 3. Ini memberikan sensasi nostalgia bagi para pengguna yang lebih menyukai tampilan yang sederhana namun power full. DE ini juga cocok digunakan pada komputer lama karena tidak memerlukan spesifikasi hardware yang terlalu besar.

Ubuntu Studio

Ubuntu Studio Desktop
Ubuntu Studio Desktop

Ini bisa dibilang sedikit nyeleneh. Jika yang kebanyakan orang ketahui bahwa linux adalah sistem operasi yang erat dengan server dan digunakan oleh para sysadmin, tidak dengan varian ini. Ubuntu Studio dibuat untuk para penggiat multimedia. Dalam varian ini juga tersedia software yang dapat mendukung kegiatan multimedia seperti edit video, gambar, suara, dll. Tentu saja varian ini cocok bagi kamu seorang designer yang ingin beralih menggunakan ubuntu.

Dari ke tujuh varian diatas, masih ada lagi varian ubuntu lainnya yang juga dapat kamu coba, seperti edubuntu, mythbuntu, dll. Ubuntu juga memiliki banyak sekali turunan yang dapat kamu coba, seperti Linux Mint yang konon katanya sangat mirip dengan windows. Atau kamu juga bisa coba turunan debian yaitu MX Linux yang menurut rangking dari distrowatch merupakan linux desktop paling popular saat ini.

Refrensi: Ubuntu, Wiki1, Wiki2, Fossmint, WikiMedia, OmgBuntu, DistroWatch


Hits: 18

You May Also Like

About the Author: Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *