Bisnis, Info, Tips

Inilah 7 Hal yang Wajib Ada di Website Bisnis Kamu

7 Hal yang Wajib Ada di Website Bisnis Di era digital seperti sekarang, salah satu cara paling efektif untuk melakukan promosi bisnis...

· 2 min read >
7 hal yang harus ada di bisnis akm.web.id

Di era digital seperti sekarang, salah satu cara paling efektif untuk melakukan promosi bisnis adalah via internet. Kamu bisa membuat website dengan hosting murah gratis domain atau akun sosial media agar calon konsumen semakin mudah menemukan produk yang dijual. Lantas, apa saja sih hal-hal yang wajib ada di website agar menarik banyak orang? Ini penjelasannya!

7 Hal yang Wajib Ada di Website Bisnis

Membuat website tidak hanya sekadar menambahkan konten dan gambar, apalagi jika kamu sedang berencana untuk cara membuat website e-commerce bagi perusahaan. Beberapa aspek berikut ini perlu kamu tambahkan agar kinerja website bisnis bisa semakin optimal.

1.Tampilan Logo dan Identitas Perusahaan

Logo pada website merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Penggunaan logo ibarat kartu nama yang menjadi identitas atau ciri pertama untuk memastikan bahwa calon konsumen berada di tempat yang tepat untuk melakukan pembelian.

Mengingat manusia pada dasarnya adalah makhluk visual, kehadiran logo tentu bisa menjadi jembatan jika kamu ingin menyampaikan nilai-nilai perusahaan dan bisnis yang sedang dikembangkan. 

Sebagai contoh, jika kamu memiliki bisnis di bidang makanan, maka warna logo yang direkomendasikan adalah merah, jika bisnis di bidang teknologi, kebanyakan warna yang cocok adalah biru. Itu baru seputar warna, belum soal karakter logo, maskot, dan lain sebagainya.

Pastikan kamu memilih desain logo yang tepat, dan menampilkannya di website perusahaan agar calon konsumen lebih mudah dalam mengenali usaha yang sedang dikembangkan.

2.Halaman Kontak 

Untuk membuat halaman yang menyertakan informasi kontak perusahaan sebenarnya tidak begitu sulit. Bahkan, kami yakin bahwa sebagian besar bisnis yang memiliki website sudah menyertakan informasi kontak yang bisa dimanfaatkan oleh calon pelanggan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Fungsi dari halaman kontak sendiri sangat penting di era serba digital seperti sekarang. Pasalnya, sebelum melakukan transaksi, para pembeli cenderung melakukan langkah investigasi atau pengecekan singkat terkait nomor rekening, kontak, alamat email, dan beberapa hal lainnya. Setidaknya itulah yang saya dan beberapa teman lain lakukan agar terhindar dari potensi tindak penipuan.

Nah, kamu bisa menyertakan informasi kontak yang sekiranya sering digunakan untuk menjalin komunikasi bisnis di website resmi perusahaan. Dengan begitu, informasi kontak kamu akan terindex di Google dan lebih kredibel ketika ditemukan para calon pelanggan.

3.Rincian Informasi Produk dan Harga

Halaman rincian informasi produk dan harga juga menjadi hal penting yang perlu ditambahkan dalam sebuah website. Kendati demikian, tidak semua website harus menyertakan hal ini, kok!

Beberapa jenis website yang wajib menyertakan informasi produk dan harga, di antaranya seperti website e-commerce, website jualan, website portfolio, dan beberapa jenis lainnya. Jika kamu membuat website hanya untuk kebutuhan personal dan company profile, maka hal ini tidak perlu kamu perhatikan.

4.Informasi Term of Service

Apa itu term of service? Secara singkat, term of service atau biasa juga dikenal sebagai TOC adalah serangkaian aturan yang dibuat oleh pemilik website terkait berbagai kebijakan, aturan, dan ketentuan yang melibatkan penggunanya.

Membuat dan mengelola website untuk kebutuhan perusahaan berarti kamu juga siap berurusan dengan banyak pihak, mulai dari calon pelanggan, distributor, jasa pengiriman, hingga para pemangku kebijakan.

Nah, halaman term of service ini bisa membantu kamu jika suatu saat terjadi sengketa atau kesalahpahaman antara beberapa pihak. Saran dari kami, untuk membuat halaman term of service sebaiknya kamu melakukan konsultasi dengan pakar hukum atau paralegal terlebih dahulu untuk memastikan tidak adanya pelanggaran atau potensi tindakan yang bisa merugikan di masa depan.

5.Profil Usaha

Selanjutnya, kamu juga perlu menambahkan profil usaha atau bisnis yang sedang berjalan. Tidak perlu terlalu detail sampai ke investor atau penyandang dana, kamu hanya perlu menunjukkan latar belakang pendirian perusahaan, visi dan misi, penanggung jawab, atau alamat kantor operasional yang bisa menjadi indikasi bahwa usaha benar-benar real.

Fungsi lain dari adanya profil usaha yang ditampilkan dalam website resmi perusahaan juga bisa menjadi indikasi positif bahwa bisnis kamu dikelola secara proper dan profesional. Bukan hanya bisnis sampingan yang dikelola ala kadarnya.

6.Testimoni Pengguna

Konten testimoni pengguna bisa menjadi aspek penting yang bisa menarik calon pelanggan baru. Pasalnya, halaman ini mampu mengisi kekosongan opini dari pihak ketiga dan mampu memberikan rasa yakin bahwa calon pembeli benar-benar memilih produk yang tepat.

Ada banyak variasi yang bisa kamu gunakan sebagai konten testimoni. Misalnya seperti review positif terkait kualitas produk, kecermatan dalam packing, hingga kualitas customer service yang cepat tanggap terhadap masalah yang dialami pelanggan.

Adapun jika kamu baru saja memulai bisnis, kamu bisa memanfaatkan keluarga, teman, atau relasi untuk mencoba produk dan memberikan testimoni. Dengan begitu kamu sudah bisa memiliki konten review secara jujur untuk melengkapi website bisnis.

7.Halaman Support Pelanggan

Terakhir, kamu perlu menambahkan halaman support pelanggan untuk memastikan bahwa konsumen yang sudah melakukan pembelian bisa bertanya atau mengirimkan feedback. Ingat, feedback sangat berarti bagi perusahaan.

Itulah beberapa hal yang wajib ada di website bisnis. Semoga info tersebut bisa membantu dalam pengembangan websitemu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *