Plugin Yoast SEO Untuk Membuat Artikel SEO Friendly

plugin yoast seo goblogs aris krisna tips wordpress artikel

Cara Membuat Artikel SEO Friendly Ala Plugin Yoast SEO – Selamat wayah kieu manteman semua. Jadi gini, kemarin kan saya sudah bahas mengenai Cara Disable Fitur Register di WordPress (nanti akan saya sematkan link nya di bawah), nah di artikel itu juga saya ada sedikit singgung mengenai Yoast SEO dan beberapa kriterianya. Untuk itu artikel kali ini saya akan coba untuk membuat pembahasan mengenai hal tersebut dan agar tidak kentang, sekalian juga saya akan bahas cara membuat artikel SEO Friendly dan disukai google indexer. Oke cukup basa-basinya yaaa, lanjut ke pembahasan wkwk.

Kebetulan saya akan membahas pembuatan artikel tersebut dengan menggunakan Plugin Yoas SEO. Kalo ada yang tanya kenapa sih pake Plugin Yoast SEO? Asasannya yaa gpp, suka aja wkwk. Bercanda deng. Berikut alasan yang membuat saya ingin atau sangat suka membuat artikel SEO Friendly dengan Plugin Yoast SEO.

Kenapa Harus Plugin Yoast SEO?

  • Alasan saya yang paling mendasar dan lumayan menjadi alasan utama selain karena gratis tentunya adalah karena di Yoast SEO ini hanya butuh 300 kata untuk sebuah artikel itu dinyatakan layak bagi mesin pencari.
  • Yang kedua adalah karena Plugin Yoast SEO ini di gadang-gadang sebagai salah satu plugin terbaik dalam hal SEO-SEOan wkwk.

    Coba kita buktikan yaaa, jika saya search dengan keyword “SEO” pada plugin search seperti apa sih hasilnya. Coba perhatikan gambar di bawah ini. Plugin Yoast SEO mempunyai ranting bintang 5 dengan jumlah review sebanyak 27k+ dan jumlah website yangg menggunakan plugin tersebut adalah sebanyak 5+ Milions. Gila Kan. Jika di bandingkan dengan kompetitornya jelas posisi Plugin Yoast SEO berada di atas angin.
yoas seo plugin goblogs
Plugin Search dengan Keyword “seo”
  • Yang ketiga mungkin karena mudah untuk di operasikan, khususnya bagi pemula macam saya ini.
  • Yang keempat mungkin gak terlalu bisa di unggulkan yaitu karena ada fitur koreksi pada setiap kita membuat artikel dan saya rasa semua plugin optimasi SEO mempunyai ini.

Cara Disable Fitur Register di WordPress

GoBlogs

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Anggap saja penjelasan di atas sebagai usaha saya mengenalkan apa itu Plugin Yoast SEO. Sekarang gimana kalau kita langsung menuju pembahasan membuat arikel yang baik dan benar agar mudah untuk naik ke page one mesin pencari. Berikut adalah cara membuat artikel SEO Friendly Versi Goblogs.

Pertama: Mengetahui focus keyphrase

Tentu bagi para pemula masih sangat akan di bingungkan dengan istilah focus keyphrase. Nah istilah tersebut sendiri jika kita artikan kedalam bahasa Indonesia maka hasilnya sebagai berikut

google translate focus keyphrase goblogs
Google Translate

Tuh kan saya bilang juga apa, jika kamu melihat dari translate polos macamtuh ya pasti makin bingung. Jadi trik saya sih sederhana aja. Mendingan kamu coba dulu deh fitur dari focus keyphrase ini, jadi nanti kamu akan mengerti dengan sendirinya. Saya sih menganggap si focus keyphrase ini adalah sebagai main keyword atau kata kunci utama yang akan kita kejar nantinya.

Jika kamu masih belum mengetahui apa itu keyword, ada baiknya mencari refrensi tentang topik keyword sebanyak mungkin, boleh coba di search di google atau mesin pencari lain dengan kata kunci “apa itu keyword” atau “fungsi keyword untuk artikel” dan lain sebagainya sesuai kebutuhan kamu.

Kedua: Optimasi Judul Postingan dan Permalink

Oke yang selanjutnya adalah mengenai judul postingan yang kamu buat dan permalink menuju ke postingan tersebut. Saya coba jelaskan dengan gambar aja ya, agar lebih mudah dalam memahaminya.

Jadi untuk Judul Postingan akan ada saat kamu bernavigasi ke menu post -> add new disitu akan ada judul yang sudah menanti untuk di isi. Berikut contoh saat saya sedang membuat postingan ini.

judul postingan goblogs title
Judul Postingan

Sedangkan untuk permalink sendiri biasanya ada di sebelah kanan dekat dengan tombol publish. Perhatikan gambar berikut.

Note: Untuk pengertian permalink kamu boleh cari sendiri ya di google, kebetulan saya blm punya artikel untuk menjelaskan hal tersebut.

Ada juga sedikit bocoran disini bahwa permalink itu akan lebih baik jika mengandung keyword yang akan kita kejar nantinya. Selain itu biasanya si permalink ini akan terbentuk secara otomatis mengikuti judul dari artikel kita apa, jadi kamu tidak perlu repot-repot membuat permalink sendiri.

Namun akan beda halnya jika kamu akan mentargetkan keyword tertentu yang tidak ada di judul, tentu kamu harus mengedit sendiri permalink tersebut sesuai kebutuhan kamu.

permalink wordpress goblogs
Permalink

Ketiga: Manfaatkan Fitur Plugin Yoast SEO

Nah ini yang paling penting dalam bahasan kali ini menurut saya, karena ini akan menentukan artikel kamu layak atau tidak. Kamu harus memanfaatkan fitur koreksi yang di sediakan. Dari fitur ini kamu akan melakukan koreksi sesuai dengan kesalahan berdasarkan hasil analisa dari fitur ini. Perhatikan gambar berikut.

plugin yoast seo goblogs
Fitur Yoast SEO

Pada gambar di atas di tunjukan bahwa masih banyak kesalahan dari artikel yang saya buat. Jika kamu mengalami hal yang sama, segera lakukan perbaikan terhadap point-point yang di maksud, dan ini nih enaknya lagi akan ada penjelasan dari setiap point kesalahan yang kamu buat. Penjelasan tersebut juga dapat menuntun kamu menuju artikel yang relevan (nulis relevan gimana sih? Pake “v” atau “f”? wkwk) yang dapat kamu jadikan sebagai acuan untuk memperbaikinya.

Oke setelah saya coba perbaiki artikel ini sampai mendapat lampu hijau di fitur Yoast SEO, hasilnya akan tampak seperti gambar berikut ini

Yoast SEO Lampu Hijau goblogs
Yoast SEO Lampu Hijau

Nah jika sudah mendapatkan hasil seperti gambar di atas, maka kemungkinan besar artikel kamu akan di sukai oleh mesin pencari, dan peluang untuk muncul di page one mesin pencari akan jadi lebih besar.

Keempat: Kesimpulan

Jadi setelah sekian panjang penjelasannya sampailah kita di kesimpulan dari artikel ini. Maksud dari artikel ini saya ingin memberikan masukan bahwa ada baiknya jika kita ingin membuat artikel agar cepat di index oleh google dan memliliki kemungkinan untuk mejeng di page one, maka kita harus mengikuti kaedah penulisan artikel yang baik dan benar. Sebenarnya ini tidak menjadi suatu patokan tertentu, tapi berhubung plugin ini sangat populer kenapa kita tidak mencobanya. Saya juga untuk beberapa keyword dengan tingkat persaingan dan volume pencarian yang rendah berhasil menduduki rank 1 hanya dengan bermodalkan plugin ini saja, tanpa optimasi dan teknik SEO lain sebagainya. Saya rasa Plugin seperti Yoast SEO ini dapat menjadi salah satu plugin wajib yang harus kamu install pada blog dengan engine wordpress.

Oia saya tidak di bayar sepeser pun oleh yoast seo yaaa, ini hanya berbagi pengalaman aja loh (sukur-sukur kalo yost peka wkwk).

Okedeh mungkin itu saja, selamat mencoba dan semoga berhasil dengan percobaanya.

Refrensi:
Pengalaman Pribadi
https://yoast.com/wordpress-seo/

Hits: 148

You May Also Like

About the Author: Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.