Debian, Linux

Debian Server: Pengertian Jenis Paket Software Saat Install

Debian Server yang akan kita gunakan kali ini di tujukan untuk membangun sebuah Mail Server sederhana. Seperti yang banyak di ketahui bahwa...

· 2 min read >
debian server sejarah ian murdock debra lynn akm.web.id linux

Debian[1] Server yang akan kita gunakan kali ini di tujukan untuk membangun sebuah Mail Server sederhana. Seperti yang banyak di ketahui bahwa terdapat banyak pengertian yang ada di dalam Mail Server, ini akan sangat membingungkan untuk kita yang masih pemula, dan kami akan coba menjelaskan sedikit yang kami ketahui. Oh ya dalam tulisan kali ini kami menggunakan Debian 5.0 (Lenny).

Baca Juga: Sejarah Linux Debian

Paket Software Debian Server

Courier-IMAP

Courier-IMAP merupakan software yang digunakan untuk mengambil email yang ada pada server mail kita. sotware ini akan memberikan kita akses pop3 dan imap, protokol ini merupakan protokol server-client yang berguna untuk mengambil email dari server mail kita. courier mendukung mode pop3 dan imap. pada pop3 pengambilan email akan menghilangkan email yang ada pada server, sedangkan pada mode imap pengambilan email tidak akan menghilangkan email pada server.

DNS (Domain Name System)

Pengertian DNS Domain Name System (DNS) Adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address  

Fungsi DNS

  • Kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.
  • Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer, Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server) digunakan oleh seluruh dunia.

Database Client Server 

Adalah teknologi terkini dari perkembangan aplikasi berbasis data yang sering juga disebut database SQL

Desktop Environment

Desktop Environment, adalah sebuah antarmuka grafis (Graphical User Interface) pada desktop sistem operasi anda. Desktop Environment ini bisa dibilang sebagai pengganti antarmuka baris perintah (Command Line Interface).

Dnsmasq

Dnsmasq adalah server ringan yang dirancang untuk menyediakan DNS , DHCP dan TFTP layanan untuk skala kecil jaringan . Hal ini dapat melayani nama mesin lokal yang tidak dalam DNS global. Server DHCP terintegrasi dengan server DNS dan memungkinkan mesin dengan DHCP-alamat dialokasikan untuk muncul dalam DNS dengan nama dikonfigurasi baik dalam setiap host atau dalam file konfigurasi pusat. Dnsmasq mendukung statis dan dinamis sewa DHCP dan BOOTP untuk boot jaringan mesin diskless.

File Server

File Server adalah sebuah komputer terpasang ke jaringan yang memiliki tujuan utama memberikan lokasi untuk akses disk bersama , yaitu penyimpanan bersama file komputer (seperti dokumen, file suara, foto, film, gambar, database, dll .) yang dapat diakses oleh workstation yang melekat pada jaringan komputer. Istilah server menyoroti peranan mesin dalam client-server skema, di mana klien workstation menggunakan penyimpanan. Sebuah file server tidak dimaksudkan untuk melakukan tugas-tugas komputasi, dan tidak menjalankan program atas nama klien. Hal ini dirancang terutama untuk memungkinkan penyimpanan dan pengambilan data sementara perhitungan dilakukan oleh workstation.

Hosts

Merupakan suatu cara untuk mengatur banyak URL (Universal Resource Locator) di dalam suatu web server atau juga mesin.

IPv4

IP address adalah merupakan sebuah jaringan dengan IPv4 (internet protocol Versi 4). IPv4 adalah merupakan protokol standart yang paling banyak digunakan saat ini. Penulisan IPv4 yang umum adalah dengan menggunakan dot-decimal notation, terdiri dari empat bagian angka desimal (disebut juga Octet) yang masing-masing dipisahkan dengan karakter “.” (dot atau titik), contohnya adalah 202.158.29.108.

Mail Server

Mail Server Adalah Perangkat lunak yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa http://FTP.

Postfix

Postfix merupakan sotfware MTA(Mail Transfer Agent) yang dapat menerima, meneruskan, dan mengirim email.  Sotfware ini merupakan open-source dan bekerja di OS unix dan linuk, postfix tidak support windows. Umumnya installasi postfix dilakukan untuk menggantikan program sendmail yang secara default telah diinstall pada sistem operasi unix atau linux. Postfix dapat menjadi pilihan software untuk mailserver karena performa dan kecepatannya yang diklaim tinggi, selain itu postfix juga mendukung penggunaan database. tidak seperti sendmail.  

Print Server

Pada dasarnya print server adalah suatu alat atau komputer yang dihubungkan ke satu atau lebih printer dalam suatu jaringan, alat atau komputer tersebut akan menerima perintah print dari komputer – komputer lain dan mengirimkan pada printer yang telah ditentukan.  

Squirrelmail

Squirrelmail merupakan webmail, aplikasi client mail berbasis web. dengan menggunakan squirrelmail maka kita dapat mengakses email kita melalui browser web kita.  

Web Server (Paling Populer di Debian Server)

Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Salah satu server web yang terkenal di linux adalah Apache. Apache merupakan server web antar platform yang dapat berjalan di beberapa platform seperti linux dan windows. Web Server juga merupakan sebuah komputer yang menyediakan layanan untuk internet. Server disebut juga dengan host. Agar anda dapat memasukkan web yang anda rancang ke dalam internet, maka anda harus memiliki ruangan terlebih dahulu dalam internet, dan ruangan ini disediakan oleh server. Itulah yang disebut Web Server.

Kesimpulan

Jadi dalam menginstall sebuah Debian Server kita akan di hadapkan dengan pilihan software apa saja yang akan di install dalam server kita. Penginstallan tersebut dapat di lakukan secara otomatis dan juga manual pada terminal console.

Refrensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Debian

2 Replies to “Debian Server: Pengertian Jenis Paket Software Saat Install”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *