Konfigurasi SSH Ubuntu Server 18.04

ssh ubuntu akm.web.id

SSH menjadi salah satu dari sekian banyak metode remote server yang di gunakan oleh Sysadmin. Konfigurasi SSH Ubuntu Server juga lebih aman jika dibandingkan dengan metode lainnya, seperti telnet dan rcp karena SSH menyisipkan fasilitas enkripsi data, sehingga virus sejenis malicious tidak bisa mengetahui username dan password yang digunakan.
Berikut beberapa langkah singkat untuk dapat melakukan Konfigurasi SSH Ubuntu Server 18.04

Baca: Cara Membuat User Baru pada Ubuntu Server

Goblogs
Pastikan ubuntu kamu sudah dalam keadaan terupdate
$sudo apt update && sudo apt upgrade -y

Install paket software yang dibutuhkan
$sudo apt install openssh-server -y

Sampai pada bagian ini sebenarnya SSH server kamu sudah bisa dipakai untuk menerima koneksi remote dari komputer host, namun hanya dapat dikoneksikan menggunakan akun user bukan akun root. Untuk dapat menggunakan akun root pada mode remote SSH, kamu perlu melakukan beberapa perubahan sebagai berikut.

lakukan backup untuk file konfigurasi default untuk menghindari kesalahan
$cp /etc/ssh/sshd_config /etc/ssh/sshd_config.bak

buka file berikut dengan menggunakan teks editor
$sudo nano /etc/ssh/sshd_config

Pada bagian #port 22 kamu dapat ubah menjadi port sesuai keinginan kamu, contoh port 2222 (ingat hapus tanda pagar), lalu nanti saat akan melakukan koneksi ke SSH server, kamu harus melakukan koneksi melalui port 2222. Metode ini juga diyakini lebih aman dari serangan karena kamu tidak lagi menggunakan port default.
Kemudian untuk mengizinkan akun root agar dapat menggunakan koneksi SSH, kamu ubah pada bagian #PermitRootLogin = prohibit-password menjadi PermitRootLogin = yes.

save hasil edit file 
[ctrl] + [x], tekan [y], lalu [enter] 

cek status ssh service
$sudo /etc/init.d/ssh status

jika status ssh service "not running"
$sudo /etc/init.d/ssh start

jika status ssh service "running"
$sudo /etc/init.d/ssh restart

Sekarang kamu sudah dapat menggunakan service SSH untuk terkoneksi ke ubuntu 18.04 melalui port 2222 dengan akun user atau root. Selamat mencoba.

Itulah beberapa langkah dalam mengaktifkan atau menginstall SSH Ubuntu Server. Tetapi ini bukan cara satu-satunya untuk dapat menggunakan layanan SSH, tapi ini adalah cara yang saya gunakan. Bahkan sebagian linux sudah mengaktifkan fitur ini secara default. Selamat mencoba, enjoy.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/SSH https://help.ubuntu.com/lts/serverguide/openssh-server.html https://id.wikipedia.org/wiki/Telnet https://en.wikipedia.org/wiki/Berkeley_r-commands


Hits: 2893

You May Also Like

About the Author: Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *