Jenis Jaringan

Jaringan komputer dapat dikelompokkan berdasarkan luas area yang dapat dijangkau. Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN).

   1.   Local Area Network (LAN)
Local Area Network adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. Pada umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah.

 Gambar Local Area Network

   2.   Metropolitan Area Network (MAN)
Sebuah MAN, Biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antarwilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan MAN menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, misalnya beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan yang lainnya.
Gambar Metropolitan Area Network
Gambar Metropolitan Area Network


   3.   Wide Area Network (WAN)
Sebuah WAN adalah jaringan yang ruang lingkupnya sudah menggunakan sarana setelit, wireless, ataupun kabel fiber optic karena jangkauannya yang lebih luas hingga wilayah otoritas negara lain. Sebagai contoh, dengan menggunakan sarana WAN, sebuah perusahaan yang ada di Indonesia bisa menghubungi kantor pusatnya dalam waktu beberapa menit.

Gambar Wide Area Network

Gambar Wide Area Network


Sincerely
  Aris Krishna
  Tel            : 089681448698
  E-mail       : [email protected]
  Web.         : http://tekomjarmi.blogspot.com


             

Author: Aris krisna
Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *