Linux, Server, Sysadmin, Tips, Tutorial, Ubuntu

Cara Mengganti Time Zone pada Ubuntu Server

Cara Mengganti Time Zone terkadang di perlukan untuk mengadministrasi server. Terutama bagi mereka yang tidak berada pada wilayah UTC, karena secara default...

· 1 min read >
Cara Mengganti Time Zone pada linux ubuntu server. aris krisna. akm.web.id

Cara Mengganti Time Zone terkadang di perlukan untuk mengadministrasi server. Terutama bagi mereka yang tidak berada pada wilayah UTC, karena secara default Time Zone pada server atau layanan cloud server itu UTC, terutama beberapa layanan cloud server yang pernah Saya coba (AWS, Linode, Vultr, Digital Ocean).

Pada artikel kali ini Saya akan coba untuk mengganti Time Zone server yang secara default menggunakan UTC.

Alasan Mengganti Time Zone

Alasan paling mendasar adalah untuk menyamakan waktu server dan waktu lokal Kita yang berada di Indonesia. Ini akan berpengaruh atau terasa pengaruhnya jika server Kamu di gunakan untuk menjalankan service yang membutuhkan ketepatan waktu.

Contoh sederhana adalah dalam penulisan log. Secara default sebuah web server (apache, nginx) dapat menyimpan access.log pada direktori default yang sudah di tentukan. Lalu dalam log tersebut biasanya terdapat waktu akses ke web server, IP, dan device yang mengakses.

Jika server dan local time Kita berbeda, tentu waktu tersebut tidak akan singkron. Cara manualnya agar mendapatkan waktu yang tepat adalah dengan mengkonversi ke WIB secara manual, dan tentu saja itu repot.

Nah dari pada repot setiap kali ingin membaca log, lebih baik Kita buat server tersebut untuk menyimpan waktu local Kita, yaitu WIB.

Cara Mengganti Time Zone

Cara menggantinya cukup mudah. Pertama cek dulu time zone saat ini pada server dengan menggunakan perintah;

timedatectl

Setelah itu terminal akan menunjukan hasil sebagai berikut;

Cara Mengganti Time Zone pada linux ubuntu server. aris krisna. akm.web.id

Nah contoh di atas menunjukan bahwa server5 masih menggunakan UTC sebagai local timenya. Sekarang kita akan ganti menjadi GMT dengan mengganti time zone menjadi Asia/Jakarta menggunakan perintah;

sudo timedatectl set-timezone Asia/Jakarta

Setelah menjalankan perintah di atas, Saya coba langsung cek lagi perubahannya, lalu kemudian di dapatkan hasil seperti berikut;

Cara Mengganti Time Zone pada linux ubuntu server. aris krisna. akm.web.id

Nah sekarang server5 sudah menggunakan WIB dengan time zone Asia/Jakarta. Berarti sekarang waktu kita di Indonesia dan server yang berada di luar Indonesia sudah sesuai.

Kesimpulan

Penggantian Time Zone perlu di lakukan agar memudahkan Kita dalam mengadministrasi server tersebut untuk keperluan pekerjaan Kita.

Oh ya harusnya perintah di atas bersifat general yang artinya dapat di gunakan pada semua distro linux. Jika ada kekeliruan saya mohon maaf. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *