GoBlogs

Cara Membuat VPS di Vultr

Cara Membuat VPS

Cara Membuat VPS di Vultr tentu saja bisa di bilang sangat mudah. Bagi para pengguna layanan VPS mungkin sudah terbiasa untuk deploy VPS baru sesuai kebutuhan. Jujur saja ini adalah layanan VPS pertama yang saya gunakan. Setelah menggunakan layanan ini, barulah saya mencoba menggunakan layanan lokal.

Mungkin layanan ini dapat menjadi alternatif untuk kamu yang minim budget seperti saya tapi ingin mencoba mengelola sendiri sebuah server dari nol sampai bisa di gunakan untuk meng-online-kan sebuah website.

Saya juga sebelumnya telah membuat artikel tersendiri tentang VPS Server dengan judul Virtual Private Server vs Shared Hosting. Silahkan di baca terlebih dahulu agar lebih memahami apa itu VPS. Untuk para senior yang sudah mengerti seluk beluk dari VPS, mohon jangan hakimi saya, saya baru belajar, tidak bermaksud menggurui dan lain sebagainya.

Baiklah kita akan coba untuk mengerti bagaimana Cara membuat VPS pada layanan vultr ini. Kita hanya akan mencoba sebatas deploy saja ya, tidak akan ke ranah konfigurasi. Mungkin konfigurasi akan saya buatkan artikel lanjutan. Sepertinya juga menarik jika di jadikan artikel berkelanjutan dari awal sampai akhirnya dapat meng-online-kan sebuah website.

Berkenalan Dengan Vultr dan Cara Kerjanya

Jadi si Vultr itu sendiri merupakan sebuah layanan yang menurut saya sih berfokus ke Cloud Infrastructure (koreksi jika salah). Dengan mempunyai label sebagai spesialisasi Cloud Infrastructure tentu ketangguhan dari layanannya tidak perlu di ragukan lagi.

Oh ya maaf saya tidak bermaksud membagus-baguskan layanan ini, hanya berbagi pengalaman dari sisi saya sebagai pengguna saja. Oke lanjut.

Layanan Yang Di Sediakan

Dalam layanannya vultr juga menyediakan Cloud Compute dengan jaminan dukungan 100% SSD storage dan harga sangat bersaing mulai dari $5 saja perbulannya. Sudah begitu dengan harga mulai dari $5 kamu sudah bisa dapat dedicate IP dan Hardware yang cukup tangguh untuk kelas VPS.

Sistem Pembayaran

Oh ya sistem pembayarannya itu harus menggunakan Credit Card ya, atau tidak minimal menggunakan paypal. Disini juga vultr mewajibkan kita untuk top up saldo dulu sebesar $10 pada saat awal bergabung. Setelah itu barulah kita bisa deploy server.

Sistem tagihannya juga di tagihkan berdasarkan seberapa banyak resource yang kita gunakan dengan maksimal tagihan sesuai harga paket VPS yang kita sewa. Jadi misalkan kita berlangganan VPS $5, maka itu adalah maksimal tagihan kita setiap bulan. Jika kita berhenti menggunakan di minggu kedua, maka tagihannya tidak akan sampai $5.

Cara Membuat VPS

Selanjutnya kita akan langsung saja praktikan cara membuat VPS pada layanan ini. Cukup mudah dan hanya perlu mengikuti beberapa step saja.

Step 1: Create Account

Pertama kamu harus membuat akun dulu disini. Kamu hanya perlu mengisi email dan password yang akan digunakan pada akun tersebut. Terus setelahnya hanya perlu konfirmasi via email.

Step 2: Billing

Setelah itu kamu baiknya ke menu billing terlebih dahulu untuk mengisi form tagihan server kamu. Mungkin proses ini agak lama sampai akun pembayaran kamu di setujui. Setelah akun pembayaran kamu di setujui, kamu harus melakukan top up dulu dengan nominal paling kecil sebesar $10. Barulah kamu bisa membuat server setelahnya.

Step 3: Deploy Server

Tahapan selanjutnya kamu hanya tinggal melakukan deploy server. Perhatikan gambar berikut.

Nah disitu terdapat banyak pilihan jenis server yang dapat kamu gunakan. Tapi karna kita masih mau coba-coba, saya rasa Cloud Compute standar saja sudah cukup. Jangan lupa juga untuk menentukan lokasi server yang akan di gunakan. Karena ini layanan luar, jadi tidak ada server Indonesia. Amannya kita dapat pakai server singapore karena berada di Asia, dan lumayan untuk menjangkau Eropa.

Nantinya server yang sudah kamu deploy akan tampil membentuk list seperti gambar di atas. Kebetulan saya mempunyai 3 server dalam 1 akun. Terlihat juga pada gambar ada status Installing di salah satu server. Sekarang kita hanya perlu menunggu sampai proses itu selesai. Untuk lebih jelasnya, kamu juga dapat melihat secara detail dengan klik pada bagian nama dari server yang sedang terinstall. Lalu nanti akan di tampilkan page detail seperti pada gambar berikut.

Step 4: Remote Server

Jika proses installasi sudah selesai, selanjutnya kita sudah dapat remote Server dengan menggunakan ssh. Data untuk login juga sudah tersedia.

Selesai kamu bisa masuk ke server dengan remote ssh, kamu sudah bisa menggunakan server tersebut untuk membuat layanan yang kamu perlukan, seperti web server, cloud storage server, dll.

Kesimpulan

Dari artikel kali ini kita sudah belajar membuat atau develop sebuah vps dengan menggunakan layanan vultr. Mungkin beberapa dari teman-teman akan bertanya seperti berikut:

“Kenapa harus menggunakan Vultr?”
Karena itu yang pernah saya kerjakan, dan masih saya pakai sampai sekarang.

“Apakah setup di layanan vps lain berbeda?”
Tentu berbeda, namun dengan basic pengetahuan yang sama. Perbedaan biasanya dari segi tampilan menu dashboard dan cara mengakses console nya untuk di remote. Jika dari segi fungsi semuanya cenderung sama.

“Apakah anda di bayar untuk membuat artikel tentang vultr?”
Jelas tidak :D. Tapi jika berkenan, kamu boleh menggunakan link yang saya sediakan di atas untuk mendaftar pasa layanan vultr. Link tersebut berisi kode afiliasi akun saya, dan kamu juga berhak menerima diskon 5% dengan kupon yang saya berkan. Selain itu, kamu juga turut membantu saya untuk membiayai server web ini :).

Tulisan saya masih jauh dari sempurna dan tidak ada pa-apanya. Mohon sempurnakan tulisan saya dan koreksi jika berkenan.


Exit mobile version