GoBlogs

Cara Membuat Jaringan LAN di Windows 10

Cara Membuat Jaringan LAN di Windows 10 bisa di bilang mudah, bisa juga sulit. Tentu hal yang mudah akan terasa sulit jika kita tidak tau cara menggunakannya. Maka dari itu mari kita sama-sama belajar membuat jaringan lan di windows 10 ini. Bagi yang sudah bisa atau bahkan ahli, tanpa mengurangi rasa hormat dan tidak bermaksud menggurui, semoga artikel ini bisa jadi pengingat di kala lupa, terutama untuk saya pribadi.

Baca Juga: Mengenal Jaringan Komputer

Jadi apa saja yang akan kita bahas dalam artikel kali ini? Tentunya semua yang berhubung dengan jaringan dasar. Tapi kita tidak akan membahas tentang IP Address yaa, untuk pembahasan klasifikasi IP Address silahkan teman-teman baca di tulisan saya sebelumnya tentang Pembagian Kelas IP Address dan Subnetting.

Lalu apa saja sih yang berhubungan dengan jaringan itu? Sebetulnya ada banyak hal secara teori sebelum kita mempraktikan membuat sebuah jaringan. Tapi yang akan kita bahas disini meliputi, pengertian tentang jaringan secara umum, konsep jaringan, topik utama, dan kesimpulan.

Pengertian Jaringan

Blogspot.com

Setelah saya membaca dari wikipedia dapat di artikan bahwa jaringan atau jaringan komputer adalah sebuah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Sedangkan dari yang sudah saya pelajari dulu, jaringan atau jaringan komputer itu dapat di artikan sebagai sekelompok komputer yang saling terhubung.

Konsep Jaringan

Konsep jaringan yang akan di jelaskan disini adalah berdasarkan area geografisnya, fungsi, dan hubungan geometris.

Jaringan Secara Geografis

Secara geografis, jaringan komputer di bagi menjadi 3 bagian, yaitu LAN, MAN, WAN. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa internet masuk ke bagian ini sebagai jaringan yang paling luas meliputi seluruh dunia. Tapi menurut saya sih internet berada dalam ruang lingkup yang berbeda dan bukan merupakan dasar konsep jaringan secara geografis, melainkan hasil dari akumulasi LAN, MAN, dan WAN.

Saya coba jelaskan secara singkat kali ini hanya sebagai pengingat saja, lebih lengkapnya kamu dapat membaca dari sumber langsung disini, atau bisa juga membaca tulisan saya sebelumnya tentang Jenis Jaringan.

LAN (Lokal Area Network)

LAN adalah jaringan dengan ruang lingkup yang kecil, biasanya terdiri dari 2 buah komputer atau lebih. Umumnya di gunakan pada area sekolah, perkantoran, kampus, dan ruang lingkup kecil lainnya. Jika ingin mengetahui lebih lengkap lagi, kamu bisa baca disini.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN ini adalah versi lebih luas dari LAN. Secara installasi dan cara kerja mungkin sama, hanya saja memang jumlah host yang terkoneksi biasanya lebih banyak. Dari penalaran saya sih, MAN itu seperti koneksi antara kantor pusat dengan kantor cabang tanpa melewati internet dengan asumsi kantor pusat dan kantor cabang berada di kecamatan yang berbeda. Jika ingin mempelajari lebih lanjut, silahkan kesini.

WAN (Wide Area Network)

WAN adalah sebuah pengembangan lagi dari MAN dan LAN. Jaringan WAN meliputi cakupan yang sangat luas dapat di katakan merupakan jaringan paling luas. Jaringan WAN dapat meliputi antar Negara tertentu atau bahkan antar benua yang saling terhubung satu dengan lainnya. Silahkan kamu baca secara lengkap disini.

Jaringan Secara Fungsi

Secara fungsi, jaringan di bagi menjadi dua bagian, yaitu peer-to-peer atau koneksi langsung dan client-server atau koneksi terpusat. Coba kita bahas satu persatu ya.

Peer-to-Peer

Koneksi peer-to-peer biasanya dilakukan secara langsung dengan menggunakan sebuah kabel jaringan. Untuk kabel yang di gunakan sendiri yaitu kabel cross-over. Penjelasan lebih lanjut dapat kamu temukan disini.

Baca Juga: Pembuatan Kabel Jaringan UTP

Client-Server

Koneksi client-server ini biasanya di lakukan oleh lebih dari 2 komputer untuk berkomunikasi dalam lingkup jaringan yang sama. Untuk mengkoneksikan lebih dari dua komputer secara bersamaan minimal harus menggunakan media yang bernama HUB. Silahkan baca selengkapnya disini.

Jaringan Secara Hubungan Geometris

Hubungan geometris dalam jaringan adalah sebuah konsep dimana adanya unsur-unsur dasar pembentukan sebuah jaringan yaitu node, link, dan station yang dalam hal ini lebih di kenal dengan istilah Topologi Jaringan. Topologi sendiri di bagi lagi menjadi 6 bagian utama yang dapat kita gunakan untuk implementasi jaringan, yaitu:

Masing-masing dari topologi tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan, nantinya itu semua bergantung kepada kebutuhan di lapangan akan menggunakan topologi apa. Beberapa juga mengalami peremajaan atau penyempurnaan, seperti topologi star di kembangkan lagi menjadi extended star dan distributed star. Silahkan kamu baca selengkapnya disini dan disini.

Membuat Jaringan LAN di Windows 10

Sampailah kita di topik utama tentang cara Membuat Jaringan LAN di Windows 10. Sesuai dengan yang sudah sama-sama kita bahas sebelumnya, sekarang harusnya kamu mengetahui jaringan seperti apa yang akan kamu buat sesuai kebutuhan kamu. Atau masih bingung karena saya kebanyakan teori. Baiklah, coba perhatikan beberapa skema yang akan saya jelaskan dan pilihlah salah satu yang paling cocok menurut kebutuhan kamu.

Skema 1

Kamu hanya ingin terkoneksi langsung dengan sebuah komputer lainnya yang mana dalam hal ini hanya ada 2 buah perangkat komputer. Berarti langkahnya sebagai berikut:

  1. Siapkan sebuah kabel jaringan atau kabel lan yang sudah terpasang konektor dan tersusun dengan susuan kabel Cross-over.
  2. Hubungkan kabel tersebut untuk masing-masing perangkat yang akan di koneksikan.
  3. Konfigurasi ip secara static dan pastikan ip address antar perangkat tidak sama. Kamu dapat menggunakan ip 192.168.1.1 untuk perangkat pertama dan 192.168.1.2 untuk perangkat kedua dengan netmask 255.255.255.0. Selain itu kamu tidak perlu isi, langsung simpan saja konfigurasi tersebut.
  4. Lakukan ping pada masing-masing perangkat yang sudah kamu koneksikan tadi. Periksa apakah perangkat pertama bisa ping ke perangkat kedua atau tidak. Begitupun sebaliknya.
  5. Selamat kamu berhasil membuat jaringan. 🙂

Skema 2

Kamu mempunyai atau ingin terkoneksi dengan teman sekelompok kamu saat kamu bekerja kelompok yang terdiri dari beberapa buah laptop. Maka akan ada 2 buah transmisi data yang dapat kamu gunakan. Inilah penjelasannya:

  1. Menggunakan Wireless
    Jika kamu memilih cara ini, kamu akan dengan mudah mengimplementasikannya. Syarat yang di butuhkan untuk koneksi seperti ini adalah dengan menggunakan sebuah Access Point yang dapat memberikan ip address secara otomatis atau DHCP.

    Jika kamu tidak mempunyai Access Point juga jangan sedih, kamu bisa menggunakan android kamu, lalu buatlah hotspot disitu. Maka hotspot android itu akan bekerja layaknya Access Point.
  2. Menggunakan Kabel dan HUB
    – Cara ini termasuk rumit dan repot serta semrawut.
    – Kamu akan mengimplementasikan topologi star.
    – Kamu juga harus mempunyai kabel sejumlah laptop teman sekelompok kamu.
    – Kabel itu akan kamu gunakan untuk mengkoneksikan setiap laptop ke HUB.
    – Tidak selesai sampai disitu, kamu juga harus meminta teman-teman kamu untuk mengkonfigurasi ip mereka ke static dengan tetap berada pada 1 segment network yang sama.
    – Setelah itu barulah kamu dan teman sekelompok dapat saling bertukar data atau terkoneksi satu dan lainnya.

Kesimpulan

Setelah sekian banyak yang di bahas sampailah kepada kesimpulan. Jadi membuat jaringan LAN di windows 10 itu ternyata sangat mudah. Yang kamu perlu ketahui adalah cara nya dan metode seperti apa yang cocok untuk di terapkan di lingkungan kamu. Semoga kamu tidak bosan menbaca penjelasan yang terlalu bertele-tele di atas. Itu semua agar pemahaman teori dan praktik bisa berjalan beriringan.

Tulisan ini tidak sempura dan tidak bagus sama sekali. Teman-teman boleh mengkritik atau jika berkenan menambahkan apa yang kurang dari pembahasan ini. Terimakasih untuk waktunya, sampai ketemu di artikel berikutnya.


loading…
Exit mobile version