Cara Install Whatsapp di Ubuntu Desktop

Aris krisna/ July 23, 2020
install whatsapp di ubuntu desktop whatsdesk

Whatsapp di Ubuntu Desktop memang tidak di dukung secara langsung oleh kedua belah pihak, baik itu dari ubuntu maupun whatsapp sendiri. Dalam tulisan kali ini kita akan coba bahas mengenai bagaimana caranya menjalankan whatsapp di ubuntu desktop.

Perkenalan

Whatsapp sendiri memang menjadi salah satu anak perusahaan facebook yang sangat sukses menjadi aplikasi chatting paling populer yang ada di dunia. Hampir semua orang menggunakan whatsapp saat ini, rasanya akan sangat aneh jika ada orang yang tidak mempunyai aplikasi satu ini.

Awalnya aplikasi ini memang di tujukan untuk di gunakan pada basis gadget bukan untuk pc, tapi seiring berjalannya waktu muncul juga aplikasi whatsapp untuk kebutuhan desktop.

Namun bagi kamu yang menggunakan Operating System (OS) selain Windows dan macOS, rasanya tidak memungkinkan untuk menginstall aplikasi ini pada OS yang kamu miliki. Karena memang sejauh ini whatsapp baru mendukung kedua OS tersebut saja untuk ruang lingkup desktop.

Lalu bagaimana dengan pengguna linux? Kok whatsapp pilih kasih gitu sih?

Tenang dulu pemirsah yang budiman, ternyata ada loh alternatif lain untuk para pengguna whatsapp yang ingin chatting dengan aplikasi ini langsung dari desktop mereka. Kita akan menuju tahap selanjutnya agar tidak semakin bingung dengan penjelasan saya yang terlalu bertele-tele.

Implementasi

Whatsapp dapat berjalan lintas platform dengan dukungan whatsapp web yang dapat kamu akses melalui browser. Ini menjadi salah satu alternatif untuk kamu para pengguna linux. Selain itu ada juga beberapa pengembang yang mengembangkan whatsapp mereka secara mandiri yang mungkin ini yang paling sesuai sebagai pengganti whatsapp desktop yang hanya ada di macOS dan Windows.

Whatsapp Web

Whatsapp web merupakan salah satu fitur yang di berikan whatsapp official demi mendukung penggunanya yang tidak dapat menginstall whatsapp di gadget maupun desktop mereka secara langsung.

Cara kerja whatsapp web ini sangat mirip dengan whatsapp desktop maupun mobile. Perbedaannya terletak dari cara login yang di gunakan. Pada versi web ini kamu akan di minta untuk melakukan scan barcode dari aplikasi di mobile atau handphone kamu, jadi nantinya whatsapp di handphone kamu akan di cloning ke versi web.

Whatsdesk

Apa itu whatsdesk? Ini merupakan aplikasi yang di buat secara mandiri untuk berjalan di linux agar menyerupai whatsapp desktop pada windows dan macOS. Halaman resminya ada disini. Di buat oleh seorang bernama Gustavo Gonzalez (zerkc).

Setelah saya gunakan ini lebih mirip seperti kita menggunakan whatsapp web tapi dengan versi mini. Dari mulai cara kerja dan tampilan semuanya sama, hanya saja memang terkesan seperti lebih eksklusif dan tidak tergantung dengan browser.

Cara Install Whatsdesk

Kali ini saya menggunakan ubuntu 20.04 untuk menginstall dan menggunakan whatsdesk ini. Melihat di situs resminya, kamu bisa mendapatkan whatsdesk ini dengan 2 cara, yaitu:

  1. Untuk versi ubuntu 16.04 keatas, kamu dapat menginstallnya melalui Ubuntu Software.
  2. Atau dapat juga menginstall secara langsung melalui terminal.

Kali ini saya menggunakan cara yang kedua. Kita akan mulai dengan membuka terminal. Lalu ketikan perintah

sudo snap install whatsdesk

Jika kamu belum mempunyai snap dapat menginstall dengan perintah

sudo apt install snap

Tunggulah sampai proses installasi selesai. Tidak perlu menunggu lama karena ukurannya juga memang tidak terlalu besar.

Menjalankan Whatsdesk

Untuk menjalankan Whatsdesk, kamu hanya perlu menekan tombol Super dan mengetikan whatsdesk disana. Setelah itu akan muncul tampilan seperti whatsapp desktop pada umumnya

Penutup

Itulah 2 cara yang umum di gunakan untuk menginstall atau menjalankan whatsapp dari pc desktop linux. Untuk linux selain ubuntu saya belum pernah mencobanya, silahkan jika mungkin teman-teman ingin mencoba di OS linux selain ubuntu.


loading…

Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

0 Comment

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: