GoBlogs

Cara Install Linux CentOS 7 Paling Lengkap

Linux Centos 7 menjadi salah satu primadona para Sysadmin karena kehandalan dan Rhel base yang di milikinya. Kali ini saya ingin mencoba menuliskan beberapa langkah-langkah yang harus kamu lakukan saat ingin menginstall CentOS 7. Buat yang masih bingung apa sih CentOS itu. Coba saya jelaskan sedikit dari hasil keahlian saya browsing wkwk.

Jadi kita akan coba bahas sedikit saja ya, selebihnya dapat kamu baca pada sumber yang saya tuliskan di bawah. Linux CentOS itu menurut wikipedia adalah sebuah distribusi linux dengan harapan dapat menyediakan platform komputasi yang berkelas enterprise dengan kompabilitas dari kode sumber induk yang di ambil dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Melihat di situs utamanya, CentOS ini sudah mencapai release ke 8. Tapi pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan versi linux centos 7 saja, karena selain stabil dan sudah banyak bugs yang di perbaiki, versi ini juga masih di dukung oleh team pengembang sampai dengan tahun 2024.

1. Persiapan

Seperti saat kita ingin melakukan installasi sistem operasi apapun pasti ada persiapan yang harus kita penuhi sebelum kita dinyatakan layak untuk dapat menjalankan sistem operasi yang di maksud, tentu saja dalam hal ini adalah linux centos 7. Berikut bahan yang harus kamu siapkan:

Sepertinya itu saja yang harus di persiapkan. OS ini juga dapat di install dalam mode virtualisasi menggunakan tools kesayangan kamu. Kebetulan saat ini saya menggunakan Proxmox Virtual Machine. Kemudian kita akan lanjut menuju proses installasi.

Baca Juga Tutorial Linux Lainnya

GoBlogs

2. Proses Install Linux CentOS 7

2.1. Tahap Pertama

Kamu akan di minta untuk memilih bahasa yang akan anda gunakan selama proses installasi ini berlangsung. Silahkan pilih sesuai kebutuhan kamu.

Wellcome CentOS 7

2.2. Tahap Installation Summary Linux CentOS 7

Pada tahap Installation Summary akan ada beberapa menu yang memiliki beberapa tahapan yang harus kamu lewati.

Installation Summary

2.2.1. Installation SummaryDate & Time

Yang pertama akan kita lakukan penyetingan adalah Date & Time. Ini tentu saja sesuai namanya yaitu untuk mengatur waktu, tanggal, dan lokasi tempat server kita berada. Perhatikan gambar berikut.

Time Zone

2.2.2. Installation Summary – Installation Source

Tahapan ini adalah kamu di minta untuk memilih akan di taruh di mana proses atau pun hasil dari Linux CentOS 7 yang telah selesai di install.

Pada kasus ini saya hanya menggunakan 1 HDD dengan kapasitas 32GB yang akan saya gunakan untuk proses installasi ini.

Saya juga memilih untuk menggunakan Automatically configure partitioning. Tujuannya adalah agar lebih mudah saja saat installasi. Ini juga cocok dengan keadaan saya yang seorang pemula, jadi tidak terlalu di bingungkan dengan pengaturan partisi. Untuk kamu yang sudah lebih advance, tersedia juga pilihan partisi LVM, dan RAID yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan sistem kamu.

Device Selection

Selesai kita select disk, akan ada 2 kemungkinan. Jika hardisk kamu benar-benar kosong, kamu akan langsung di arahkan kembali ke jendela installation summary.

Tapi jika hardisk kamu ada isinya, alias sudah di gunakan sebelumnya, maka akan muncul tampilan seperti berikut yang meminta anda untuk me-reclaim space yang sudah terisi tersebut agar kosong kembali dan siap di gunakan untuk installasi Linux CentOS 7.

Reclaim Space

Lalu akan tampil partisi yang sudah ada sebelumnya dalam hardisk yang akan kita gunakan. Untuk menghapus itu semua kamu dapat memilih pada bagian hardisk dengan kapasitas sesuai yang kamu gunakan, kemudian langsung klik tombol delete all.

Reclaim Disk Space

Setelah menghapus semua partisi lama, selanjutnya adalah melakukan reclaim space dengan menekan tombolnya pada bagian kanan bawah.

Reclaim Disk Space

2.2.3. Installation Summary Network & Hostname

Pada tahap ini kamu diminta untuk memasukan keterangan ip address yang akan di gunakan server kamu nantinya. Jika kamu mempunyai service dhcp server yang berjalan di lingkup topologi yang kamu gunakan, kamu hanya perlu menghidupkan tombol On pada bagian kanan atas.

Dalam kasus ini saya menggunakan dhcp server yang sudah tersedia, sehingga langsung muncul ip yang akan saya gunakan untuk server linux centos 7 ini.

IP Address

Tapi jika lingkup topologi kamu tidak menyediakan untuk dhcp server, kamu tetap dapat melakukan konfigurasi secara manual dengan menekan tombol Configure pada bagian kanan bawah.

Arahkan ke tab IPv4 Settings -> Pilih method Manual.

Manual IP Address

Lalu pilih Add dan masukan keterangan ip address sesuai topologi kamu seperti, address, netmask, gateway, dan dns server yang akan kamu gunakan.

Manual IP Address

2.2.4. Installation Summary – Begin Installation

Setelah itu kamu dapat langsung memulai proses installasi dengan menekan tombol Begin Installation pada bagian kanan bawah.

Begin Installation

3. User Setting

Sambil menunggu proses installasi berjalan, kita dapat mengatur password root dan membuat user baru yang dapat kita gunakan nanti.

User Setting

3.1. User Setting – Set Root Password

Pertama kamu dapat membuat password untuk user root dari server kamu. Root bisa di bilang juga sebagai super user yang dapat melakukan perubahan pada seluruh file yang ada di server. Jadi pastikan password root di buat se-aman mungkin dan se-sulit mungkin.

Root Password

3.2. User Setting – Create User

Selanjutnya adalah kamu harus membuat user baru yang akan kamu gunakan pada server kamu nanti. Berikut tampilannya.

Create User

3.3. User Setting – Finish Configuration

Setelah membuat user dan membuat password untuk user root, kamu akan kembali di arahkan menuju tampilan proses installasi yang sedang berjalan. Tunggulah proses itu selsai lalu tekan tombol Finish Configuration pada bagian kanan bawah.

Finish Configuration

Lalu tombol reboot akan muncul kemudian. Maka tekanlah tombol itu untuk me-reboot server kita.

Reboot System

4. Installation Complete

Setelah reboot, server linux centos 7 kamu sudah siap untuk di gunakan. Silahkan masuk ke OS yang sudah kamu install dan mulai melakukan konfigurasi sesuai kebutuhan kamu.

Linux CentOS 7

5. Penutup

Jadi setelah kita melakukan installasi tersebut, OS yang kita gunakan masih dalam keadaan minimal install. Jadi untuk dapat melakukan konfigurasi pada sistem yang telah di install, maka kamu harus melakukan installasi paket software yang di perlukan untuk kebutuhan tersebut. Mungkin selanjutnya saya akan buatkan beberapa konfigurasi dasar dari Server yang umum di lakukan para Sysadmin.

Refrensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/CentOS
https://wiki.centos.org/
https://www.centos.org/


loading…
Exit mobile version