Cara Disable Fitur Register di WordPress

register wordpress goblogs aris krisna

Sebelum membahas Cara Disable Fitur Register di WordPress saya ucapkan Selamat wayah kieu kalo kata urang sunda mah. Maksud dari sambutan tersebut adalah tergantung pada saat anda membaca artikel ini, bisa jadi selamat malam, siang, sore, atau pagi. Ok skip itu tidak terlalu penting, hanya sekedar basa basi agar konten ini memenuhi syarat Yoast SEO. Kepingin tau apa saja syarat konten anda di anggap layak oleh Yoast SEO, nanti saya buatkan tulisannya yaaa, sekarang balik lagi ke topik utama.

Jadi saya disini akan memberikan beberapa masukan untuk mengamankan situs atau website atau blog kita dari serangan spam maupun tindakan peretasan lainnya yang dapat merugikan kita sebagai pemilik situs. Ini semua berlandaskan dari pengalaman saya saat sedang ingin posting artikel pada blog yang lainnya, ternyata tanpa saya sadari password login yang biasa saya gunakan sudah berubah, menjadi password default. Untuk mengatasi hal itu sayapun harus mengganti secara manual passwordnya di database.
Yang lebih aneh adalah saat ingin posting saya menemukan postingan mencurigakan dengan akun saya yang sudah jelas saya tidak melakukan postingan tersebut. Sepertinya artikel mencurigakan itu memberikan backlink ke situs milik mereka agar mendapatkan nilai plus dari mesin pencari google. Untuk membahas masalah ini, akan saya buatkan artikel tersendiri.

Lalu apasih kegunaan saat kita disable fitur register di wordpress? Tentu saja simple nya adalah kita akan melarang siapa saja untuk melakukan register di situs wordpress kita, kenapa? Yaaa balik lagi seperti yang saya jelaskan pada paragraf sebelumnya. Jika memang di butuhkan untuk tetap mengaktifkan fitur register di wordpress ada baiknya proses register itu harus mendapatkan persetujuan oleh administrator situs yang bersangkutan.

Baca Juga artikel lainnya seputar WordPress:
Mengatasi Error Wordfence Plugin
Cara Mudah Mengganti Logo Login WordPress
Error WordPress Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance

GoBlogs

Berikut adalah Cara Disable Fitur Register di WordPress

1. Login ke Dashboard Website Anda

Anda harus melakukan login ke dashboard anda untuk melakukan pengaturan ini, tentu saja anda harus terdaftar dengan role sebagai administrator. Yang mana alamat default nya adalah http://situsanda.com/wp-login.php atau anda juga bisa menggunakan plugin tambahan untuk membelokan alamat url tersebut agar tidak mudah di lacak oleh para hacker iseng sehingga menjadi http://situsanda.com/custom_url. Saya sendiri menggunakan plugin WPS Hide Login. Jika memang perlu, nanti saya juga akan membuatkan artikel khusus tentang materi ini.

2. Langsung Setting

Jika kamu sudah login ke dashboard, langsung saja menuju menu setting pada menubar sebelah kiri kamu. Pastikan juga kamu berada di submenu general pada menu setting yang secara default akan terpilih jika kamu klik pada menu setting.

3. Disable Fitur Register di WordPress

Selanjutnya kamu hanya perlu melakukan disable pada fitur register di wordpress. Caranya adalah dengan menghilangkan ceklist pada bagian Anyone can Register. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

disable fitur register di wordpress goblogs
General Setting

Setelah itu Save pengaturan yang telah kamu lakukan, maka fitur register di wordpress akan terdisable pada situs kamu.

4. Uji Coba

Nah setelah melakukan semua pengaturan saatnya kamu melakukan uji coba. Coba buka browser baru, atau bisa juga dengan membuka new incognito window atau jendela penyamaran baru jika menggunakan chrome. Lalu masukan url http://situsanda.com/wp-login.php?action=register dan perhatikan hasilnya. Seharusnya link url tersebut tidak akan terbuka dan akan meredirect kamu ke page 404 atau ke homepage situs kamu.

Mungkin itu saja sedikit tips dari saya, mudah mudahan dapat di jadikan sebagai refrensi pengamanan situs wordpress kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Sumber:
https://www.competethemes.com/blog/disable-user-registration-wordpress/
https://wedevs.s3.amazonaws.com/uploads/2018/12/[email protected]

Hits: 528

You May Also Like

About the Author: Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *