Komputer, Linux, Ubuntu

Ubuntu Budgie, Simpel Tapi Tetap Elegan

Seperti pada pembahasan sebelumnya yaitu di artikel Ubuntu Flavour, saya telah memberikan kurang lebih 7 varian rasa yang di sediakan oleh ubuntu...

· 1 min read >
ubuntu budgie

Seperti pada pembahasan sebelumnya yaitu di artikel Ubuntu Flavour, saya telah memberikan kurang lebih 7 varian rasa yang di sediakan oleh ubuntu untuk para penggemarnya. Namun setelah saya perhatikan lagi, ternyata masih ada satu varian rasa ubuntu yang terlupakan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu ubuntu flavours yang terlewat tersebut. Namanya adalah Ubuntu Budgie.

Seperti di lansir dari situs resminya, ubuntu budgie hadir dengan mengusung konsep Simplicity and Elegance in one Package. Ini juga dapat di artikan bahwa ubuntu budgie ingin menghadirkan sebuah konsep yang simpel tanpa membuang konsep elegan ala ala modern desktop yang di distribusikan menjadi satu paket utuh dalam ubuntu budgie.

Masih dari sumber yang sama, mereka menjelaskan bahwa ubuntu budgie ini di kembangkan oleh komunitas developer untuk menghasilkan sebuah produk yang menjadikan ubuntu sebagai konsep inti. Seperti yang kita tahu memang Linux di kenal dengan lisensi GNU/GPL (mohon koreksi jika saya salah) yang mana dengan lisensi tersebut semua orang bebas untuk mengembangkan Linux versi mereka sendiri. Ubuntu budgie juga memberikan klaim bahwa distro ini akan berjalan mulus baik di komputer lama maupun komputer baru dengan kemampuan mumpuni sekalipun.

ubuntu budgie desktop akm.web.id goblogs
Source: Ubuntubudgie.com

Terdapat 3 slogan utama dari varian rasa ini yaitu:

  • Easy to use
    Ini jelas sangat mudah di gunakan jika melihat dari segi beberapa hasil preview desktop yang ada di situs resmi mereka. Meskipun saya pribadi belum pernah mencobanya, namun kesan simple sudah terasa dari pertama kali kita melihat preview desktop tersebut.
  • Updated
    Dari segi update saya rasa akan sangat tergantung dari update yang dilakukan oleh ubuntu canonical. Jika saya tidak salah sih distro ini mengambil core dari ubuntu 18.04 yang memang merupakan versi LTS. Tentu saja jika ubuntu canonical melakukan update, secara otomatis juga harusnya ubuntu budgie menyesuaikan update tersebut.
  • Powerfull
    Distro ini dapat di katakan powerfull karena memang demikian. Dengan disain yang elegan, distro ini masih menyediakan tampilan yang begitu cantik. Tidak sampai disitu saja, kamu juga dapat menyesuaikan tampilannya sesuai dengan keinginan dan selera kamu dengan berbagai theme yang tersedia. Selain itu pihak pengembang juga memastikan bahwa ubuntu budgie dapat memberikan performa terbaik saat di gunakan di laptop maupun pc desktop.

Lebih Mengenal Ubuntu Flavours

GoBlogs

Jadi tunggu apa lagi? Ayo rasakan sendiri sensasi menggunakan desktop dengan performa yang maksimal namun tetap indah di pandang mata. Mungkin saya juga akan mencobanya kemudian hari. Pastikan anda terus terhubung dan memantau perkembangan website ini, karena nantinya akan selalu ada sebuah Tutorial Linux, Ubuntu, CentOS, dan Windows yang akan saya update berkala sesuai dengan pengalaman saya pribadi tentunya.

Refrensi: https://ubuntubudgie.org/


cara restore database mysql mariadb mysqldump aris krisna akm.web.id

Cara Restore Database MySQL

Aris krisna in Linux, Sysadmin, Ubuntu
  ·   1 min read
cara backup database mysql mariadb mysqldump aris krisna akm.web.id

Cara Backup Database MySQL

Aris krisna in Linux, Sysadmin, Ubuntu
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *