Site icon Aris Krisna's Blog

Cara Backup Database MySQL

cara backup database mysql mariadb mysqldump aris krisna akm.web.id

Seperti yang kita tau salah satu software pengolahan dan penyimpanan data yang paling terkenal adalah MySQL. Selain MySQL, ada juga beberapa turunannya yang mengadopsi bahasa yang sama, seperti MariaDB, PostgreSQl, dll.

Pada praktiknya dalam pengolahan data itu sendiri akan ada kalanya seorang System Administrator (sysadmin) atau Database Administrator (DBA) perlu untuk melakukan backup, baik untuk keperluan pengamanan data, maupun untuk memindahkan data tersebut pada infrastruktur baru.

Untuk melakukan aktivitas backup itu sendiri ada beberapa cara dan beberapa tools yang umum di gunakan. Namun salah satu yang paling populer yaitu mysqldump.

Nah pada tulisan kali ini Kita akan coba untuk membahas tools satu ini. Kita akan coba mencari tahu, apa itu mysqldump, bagaimana cara kerjanya, sampai dengan perintah Cara Backup Database MySQL.

Apa Itu Mysqldump?

Mysqldump merupakan sebuah tools yang dapat di gunakan untuk melakukan logical backup, menghasilkan sekumpulan statement SQL yang dapat di gunakan untuk memproduksi ulang objek database dan table data.

Data dump yang di hasilkan ini juga dapat meliputi satu atau lebih MySQL database yang dapat di gunakan untuk backup atau untuk di transfer pada server MySQL lainnya.

Mysqldump juga tidak hanya dapat melakukan dump berformat .sql, tapi dapat juga berupa file dengan format .xml, .csv, ataupun dalam format delimiter text lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Mysqldump?

Seperti pengertian di atas, bahwa mysqldump akan melakukan backup dengan keluaran berupa file berformat .sql atau format lainnya yang di dukung.

Jika kita buka file keluaran tersebut, file tersebut berisi struktur database lengkap berupa scheme yang di gunakan, struktur table, dan juga data-data yang ada pada database tersebut.

Karena file keluaran tersebut berisikan seluruh struktur database dan data di dalamnya, maka dapat kita restore pada database server lainnya.

Baca: Cara Restore Database Mysql

Cara Backup Database MySQL Menggunakan Mysqldump

Untuk melakukan backup, kita perlu mengetahui dulu username dan password untuk bisa mengakses database yang dimaksud.

Pada tulisan kali ini, Saya menggunakan MariaDB untuk melakukan backup. Untuk memulai proses backup dapat di lakukan dengan perintah berikut:

$ mysqldump -u nama user -p namaDatabase > /lokasi/folder/tujuan/fileExport.sql

Setelah menjalankan perintah tersebut akan di minta untuk memasukan password dari user yang di gunakan untuk login ke mysql. Setelah itu hanya perlu menunggu sampai proses dump selesai.

Kesimpulan

Mysqldump adalah sebuah tools yang biasa di gunakan oleh para sysadmin dan juga seorang DBA. Mysqldump merupakan tools yang terbilang cukup mudah untuk di gunakan, hanya perlu sebaris perintah saja. Kelebihan dari mysqldump salah satunya adalah dapat melakukan backup pada seluruh struktur database berikut dengan data di dalamnya.

Selamat mencoba, semoga proses backupnya lancar.

Sumber:
https://dev.mysql.com/doc/refman/8.0/en/mysqldump.html
https://mariadb.com/kb/en/mysqldump/
image: https://simplebackups.com/images/uploads/simplebackups-the-complete-mysqldump-guide-with-examples.png

Exit mobile version