Info, Marketing, Tips

Apa Itu Content Marketing? Simak Penjelasannya Di sini!

Di era digital seperti sekarang ini kamu pasti sudah sering mendengar istilah content marketing. Teknik marketing yang satu ini sudah sangat populer...

· 2 min read >
content marketing akm.web.id akm aris krisna domainesia

Di era digital seperti sekarang ini kamu pasti sudah sering mendengar istilah content marketing. Teknik marketing yang satu ini sudah sangat populer di kalangan pelaku bisnis dan marketer. Lalu kira-kira apa itu content marketing? Mengapa jenis marketing ini sangat diminati dan dinilai punya efektivitas yang tinggi untuk meningkatkan angka penjualan?

Pengertian Content Marketing

Mari berkenalan dulu dengan content marketing. Content marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang melibatkan pembuatan konten. Konten tersebut adalah konten yang relevan, penting, dan konsisten sehingga bisa menarik perhatian audiens. Tujuannya adalah untuk meningkatkan konversi agar audiens bisa menjadi konsumen. 

Dari pengertian tersebut bisa dipahami bahwa content marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang melibatkan sebuah konten. Jenis konten yang digunakan bisa bervariasi mulai dari artikel blog, video, email, konten media sosial, dan lain sebagainya. Meskipun jenisnya berbeda-beda tetap saja tujuannya sama yaitu untuk mengonversi audiens menjadi konsumen dan meningkatkan angka penjualan. 

Mengapa Melakukan Content Marketing?

Kini kamu sudah mendapat gambaran tentang apa itu content marketing? Setelah itu mari cari tahu mengapa strategi marketing ini begitu banyak diminati dan semakin banyak diterapkan oleh para marketer. Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat content marketing dilakukan oleh para pebisnis:

  • Meningkatkan Brand Awareness

Demi meningkatkan angka penjualan dan konversi, penting sekali bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan brand awareness. Ketika kamu membuat sebuah penawaran dan iklan, audiens harus tahu apa produk yang ditawarkan dan apakah produk tersebut memang dibutuhkan. Inilah yang dimaksud dengan brand awareness. 

Melalui content marketing, kamu bisa meningkatkan brand awareness. Konten-konten yang dihasilkan bisa membantumu untuk menunjukkan kedudukan brand atau produk lebih kuat lagi. Kamu bisa meyakinkan audiens bahwa produk tersebut memang dibutuhkan dan harus dibeli. Salah satu contohnya seperti menawarkan promo hosting murah diskon seumur hidup bagi para blogger maupun web developer.

  • Mempermudah Riset Audiens

Saat ini sebagian besar masyarakat cenderung akan melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum membeli sebuah produk. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu apakah produk tersebut berkualitas atau tidak. Masyarakat juga harus tahu apa saja manfaat dari produk tersebut, seperti apa cara penggunaanya, dan apakah memang dibutuhkan atau tidak. 

Riset audiens terhadap sebuah brand atau produk akan jauh lebih mudah dilakukan lewat konten-konten yang relevan. Perusahaan bisa memberikan edukasi atau informasi mendalam mengenai sebuah brand melalui konten-konten tersebut. Semakin mudah audiens melakukan riset maka semakin mudah pula dipahami informasi produk secara detail dan peluang konversi juga bisa lebih besar. 

  • Meningkatkan Kredibilitas

Content marketing juga menjadi langkah efektif untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Kepercayaan konsumen terhadap bisnismu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika bisnismu mendapatkan kredibilitas yang tinggi maka akan lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Apalagi zaman sekarang ini konsumen semakin cerdas dan tak mau tertipu oleh seller yang tidak kredibel. 

Mengapa content marketing bisa membentuk kredibilitas pelanggan? Hal ini disebabkan oleh adanya banyak konten relevan yang bisa diakses oleh audiens. Konten-konten inilah yang akan meyakinkan audiens agar menjadi pelanggan. Semakin relevan konten yang diberikan maka akan semakin tinggi pula kredibilitasnya di mata audiens. 

  • Meningkatkan Traffic

Di dunia digital ini kamu sangat disarankan untuk membuat website bisnis. Website ini nantinya bisa menjadi tempat untuk menjalankan strategi content marketing. Konten-konten yang kamu hadirkan di dalam website juga bisa membantu meningkatkan traffic website itu sendiri.

Saat traffic website meningkat maka performa website di mata pencarian Google akan semakin baik. Artinya lebih mudah bagi pengguna internet untuk menemukan konten-konten mu. Hal ini tentu akan memberi manfaat baik untuk bisnis yang kamu jalankan karena semakin banyak orang yang tahu dan kemungkinan besar konversi akan meningkat. 

  • Meningkatkan Konversi

Tujuan utama dari content marketing memang sebenarnya adalah meningkatkan konversi. Konversi yang dimaksud di sini adalah perubahan dari audiens menjadi konsumen. Di dalamnya ada aktivitas atau perilaku yang diinginkan oleh pelaku bisnis yaitu adanya transaksi. Namun bisa juga aktivitas lain yang menguntungkan pebisnis seperti audiens menekan opsi langganan newsletter misalnya. 

Semakin tinggi tingkat konversinya maka bisa dikatakan bahwa semakin besar pula peluang untuk meningkatkan angka penjualannya. Untuk mendapatkan konversi yang terus meningkat dari waktu ke waktu, dibutuhkan perencanaan konten yang tepat. Target audiens juga harus tepat dan konten yang dihadirkan harus relevan. Selain itu platform atau media yang dipilih juga harus relevan dengan target. 

  • Menjadi Investasi Jangka Panjang

Tahukah kamu bahwa konten-konten yang dibuat untuk keperluan marketing bisa menjadi sebuah investasi jangka panjang? Bagi pelaku bisnis, konten-konten tersebut bisa menjadi alat marketing yang bertahan lama atau awet. Content marketing akan menjadi sebuah aset berharga yang bisa meningkatkan reputasi dan penjualan produkmu. 

Lain halnya dengan iklan yang mungkin hanya bertahan sesaat saja. Iklan bisa saja hanya dinikmati sekali waktu namun lain halnya dengan konten yang diunggah di platform digital. Konten-konten seperti ini justru bisa bertahan untuk jangka waktu lama dan tetap meningkatkan angka konversi dari waktu ke waktu. Ini akan menjadi sebuah aset penting yang membantu bisnis kamu terus berkembang. 

Jadi apa itu content marketing? Content marketing adalah strategi pemasaran melalui berbagai jenis konten yang disebarkan lewat banyak platform. Agar bisa menjalankan strategi content marketing ini dengan baik maka kamu butuh platform yang cocok, seperti website atau media sosial.