Bash, Linux, Server, Sysadmin, Tips

Bash Comment: Single Or Multiple Line

Bash Comment atau dapat kita artikan sebagai cara penggunaan comment pada bash script. Bash sendiri merupakan Unix Shell yang di kembangkan oleh...

· 1 min read >
bash comment

Bash Comment atau dapat kita artikan sebagai cara penggunaan comment pada bash script. Bash sendiri merupakan Unix Shell yang di kembangkan oleh GNU dan telah menjadi standard shell dalam sistem operasi terkenal seperti Linux dan MacOS. Bahkan jika saya tidak salah, windows 10 juga sudah menanamkan bash shell dalam sistem operasinya. Untuk membuktikan hal tersebut, sekarang kamu bisa menginstall Ubuntu di dalam Windows OS mu tanpa bantuan software virtualisasi pihak ketiga, seperti VirtualBox dan VMWare.

Untuk lebih jelasnya mengenai Ubuntu yang dapat berjalan dalam Windows, kamu dapat membaca artikel yang sudah saya tulis dengan judul Cara install Ubuntu di Windows 10.

Secara garis besar ada beberapa cara dalam menggunakan tiap-tiap bahasa pemrograman atau penulisan script apapun. Masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi tersendiri yang selanjutnya kita sebagai pengguna hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Comment sendiri dalam bahasa pemrograman berperan sebagai pemberi tanda atau dapat juga di gunakan untuk menonaktifkan sebuah baris code atau beberapa baris code tertentu agar tidak di eksekusi oleh compiler.

Lalu dalam pembahasan kali ini ada dua jenis comment yang sudah saya ketahui dan sudah pernah saya gunakan, yaitu Single Linedan Multiple Line. Tiap-tiap metode tersebut mempunyai cara penggunaan yang berbeda dan penempatan yang berbeda pula.

Single Line Bash Comment

Single Line Comment sesuai namanya berarti kita akan melakukan comment pada satu baris tunggal. Dalam penerapannya, single line comment menggunakan tanda pagar (#). Maka penulisan comment tersebut dapat di tuliskan sebagai berikut;

#!/bin/bash

# What to backup.
backup_files="/home/domain.com/public_html/"

# Where to backup to.
dest="/mnt/backup"

# Create archive filename.
day=$(date +%A-%d-%B-%Y-%T)
hostname=$(hostname -s)
archive_file="$hostname-$day.zip"

exit 0

Contoh di atas adalah ketika saya akan membuat sebuah shell script untuk backup rutin yang biasa saya lakukan. Terlihat juga saya memberikan tanda # pada baris code yang saya gunakan sebagai penanda.

Multiple Line Comment

Dalam multiple line comment kamu dapat melakukan comment pada beberapa baris code sekaligus. Hal ini akan berguna jika kamu ingin menonaktifkan beberapa kode tertentu. Ada beberapa cara dalam menuliskan multiple line comment, kamu bisa pilih yang cocok dengan gaya penulisan kamu.

Cara 1 Multiline Bash Comment

Pada cara pertama ini, kamu bisa menuliskan comment diantara tanda <<COMMENT dan COMMENT. Dengan begitu setiap baris program yang ada di antar atanda tersebut akan di abaikan oleh compiler saat kamu menjalankan program kamu. Kamu juga bisa melihat contoh penulisan lainnya disini.

#!/bin/bash

<<COMMENT

echo "test comment"

COMMENT

exit 0

Cara 2

Pada cara kedua ini, kamu dapat membuat penulisan comment multiline menjadi lebih mudah. Pasalnya kamu hanya memerlukan tanda : ' pada bagian awal, dan ' pada bagian akhir.

#!/bin/bash

: '

echo "test comment"

'

exit 0

Kesimpulan

Sekarang kita sama-sama sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan comment dalam code bash/shell script yang kita punya. Pada dasarnya adalah gunakan hal tersebut senyaman kamu. Walaupun ada pilihan untuk multiline comment pada bash, tapi saya sendiri lebih sering menggunakan tanda # pada setiap baris yang ingin saya comment. Kekurangannya tentu saja jika barisnya banyak, maka akan memakan waktu lebih lama untuk memberikan comment. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *