Sejarah Linux SuSE

Sejarah openSUSE dimulai di Jerman pada tahun 1992 ketika empat pencinta Linux – Roland Dyroff, Thomas Fehr, Hubert Mantel dan Burchard Steinbild – meluncurkan proyek SuSE Linux. Perusahan pengembang piranti lunak Software und System Entwicklung (SuSE), awalnya menjual set disket-disket yang mengandung versi Jarman dari distribusi Slackware Linux.

Di awal musim panas Mei 1996, pada kesempatan merilis versi 4.2 SuSE Linux telah manjadi distro independen. SuSE kemudian mengadopsi sistem pemaketan dengan format RPM yang disusul dengan peluncuran sebuah tool administrasi sistem grafis YaST yang menjadi salah satu tulang punggung dan kelebihan yang dimiliki SuSE Linux sampai dewasa ini. Kecuali itu, jadwal rilis yang teratur dan penyertaan manual yang sangat lengkap membatu SuSE Linux menikmati pertumbuhan yang pesat dan popularitas terutama di Eropa dan juga di belahan benua Amerika.

Sekitar akhir tahun 2003 SuSE Linux diakuisisi oleh Novell, Inc. Peralihan menagement juga tidak lama kemudian diiringi dengan perubahan ketentuan lisensi yang diberlakukan untuk SuSE Linux. YaST yang sebelumnya proprietari kemudian mendapat perlindungan dibawah General Public License ( GPL ). ISO images disediakan untuk diunduh publik dan yang terpenting adalah pengembangan SuSE Linux kini terbuka untuk partisipasi dan kontribusi dari pengembang publik dan merupakan basis lahirnya openSUSE.

Sejak keberadaan openSUSE termasuk rilis versi SuSE Linux 10.0 di bulan Oktober 2005, distribusi SuSE seratus persen merdeka dalam arti sesungguhnya. Kode sumber yang dihasilkan openSUSE, – seperti halnya Fedora untuk Red Hat, – merupakan basis untuk membangun produk komersil Novell Linux yang kemudian dikenal sebagai SUSE Linux Enterprise Desktop (SLED) dan SUSE Linux Enterprise Server (SLES).

https://www.opensuse.org/

Proyek openSUSE adalah kegiatan berskala dunia untuk mempromosikan penggunaan Linux di mana saja. openSUSE membuat salah satu distribusi Linux terbaik, berkerja bersama-sama secara terbuka, transparan dan dengan cara bersahabat sebagai bagian dari komunitas perangkat lunak bebas dan bersumber terbuka (FOSS). Distribusi openSUSE adalah distribusi beragam fungsi yang stabil, mudah digunakan dan lengkap. Ditujukan untuk pengguna dan pengembang yang bekerja pada desktop atau server. Sangat bagus juga untuk pemula, pengguna yang berpengalaman dan geek, singkatnya, distribusi yang sempurna untuk semua orang! Rilis terbaru, openSUSE Leap 15.0, menampilkan fitur versi baru dan peningkatan besar-besaran untuk semua aplikasi server dan desktop dengan lebih dari 1.000 aplikasi sumber terbuka. openSUSE meliputi 2 versi, Leap sebagai distribusi stabil dan Tumbleweed yang merupakan versi rilis bergulir (rolling release).

Sumber:
http://lightning84.wordpress.com/distro-linux/open-suse/
https://www.opensuse.org/ 
https://opensuse.id/ 
https://id.wikipedia.org/wiki/OpenSUSE 

Hits: 6

You May Also Like

About the Author: Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *