Konfigurasi SSH Key Authentication Ubuntu Server

ssh-key-authentication akm.web.id

SSH Server mempunyai fitur yang bernama Key Authentication. Fungsi dari Key Authentication itu sebagai Pre-shared key berupa key public milik client yang telah dikenali oleh server. Dengan menggunakan public key tersebut, client tidak perlu lagi memasukan password setiap saat ingin melakukan koneksi ke server yang dituju.

Baca juga: Install SSH Ubuntu Server 18.04

Client Side

Sebelum kita mulai saya infokan bahwa konfigurasi ini dilakukan dari dua sisi, yaitu client dan server. Sistem operasi yang digunakan adalah koneksi antara Linux to Linux.

Buka terminal kamu lalu ketikan perintah berikut

sudo ssh-keygen -t rsa

Lalu kamu akan di tampilkan keterangan sebagai berikut

key ssh akm.web.id
Generate key ssh

Setelah proses generate key kamu mendapatkan dua buah key yang tersimpan pada folder /home/[nama_user]/.ssh/, yaitu id_rsa dan id_rsa.pub.

Sekarang kamu buka file id_rsa.pub dengan menggunakan teks editor.

cat /home/[nama_user]/.ssh/id_rsa.pub

Lalu copy semua key kamu yang terdapat dalam file tersebut ke server.

key1 ssh akm.web.id
Key id_rsa.pub

Server Side

Pada bagian server kamu hanya perlu memasukan key id_rsa.pub yang sudah kamu ketahui ke dalam server ubuntu kamu. Untuk menentukan folder path yang sesuai dengan default sistem, kamu dapat melakukan generate key di server dengan proses yang sama persis seperti yang dilakukan pada sisi client.

key2 ssh akm.web.id
Generate key ssh pada Server

Ketikan perintah berikut untuk edit file authorized_keys, dan jika memang file tersebut belum ada, maka perintah tersebut juga dapat menjadi perintah untuk membuat file baru.

nano .ssh/authorized_keys
key3 ssh akm.web.id
Baca file id_rsa.pub

Copy semua key id_rsa.pub dari pc client kamu kedalah file authorized_key tersebut, buatlah menjadi satu baris. Selanjutnya kamu hanya perlu save file tersebut dengan nama yang sama. Untuk lebih meyakinkan restartlah ssh server kamu dengan perintah berikut

/etc/init.d/ssh restart

Untuk memastikan semua sudah berjalan sebagaimana mestinya kamu hanya perlu melakukan koneksi ssh dari client ke server. Jika server sudah tidak meminta lagi password ssh, maka kamu sudah berhasil membuat pre-shared authentication key pada ubuntu server kamu. Congratss!!

Autentikasi tanpa password

Referensi:
Sumber 1Sumber 2Sumber 5
Sumber 3Sumber 4


Hits: 5

You May Also Like

About the Author: Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *