Cara Merubah User Group Menjadi Sudo Group pada Ubuntu Server

sudo user ubuntu server 1804 5

Kali ini saya akan membahas tentang cara merubah user menjadi sudo atau root. Seperti yang saya sampaikan pada artikel sebelumnya yaitu Cara Membuat User Baru pada Ubuntu Server. User setara root ini berguna bagi kamu saat akan installasi software. User setara root juga dapat digunakan untuk modify file dengan owner root.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan OS Windows yang sudah terinstall aplikasi kernel ubuntu. Aplikasi ini dapat kamu download secara gratis di Microsoft Store. Namun untuk mendownloadnya kamu diharuskan mempunyai akun microsoft. Jadi bagi yang belum punya silahkan buat dulu yaa.

Pertama kamu harus login terlebih dulu sebagai root untuk dapat memasukan user baru kamu yang akan kamu buat.

su

Baca: Lokasi Folder Startup Pada Windows 10

Kemudian kamu ketikan perintah yang sangat sederhana namun paten. Seperti berikut.

usermod

Setelah itu langsung kamu coba. Silahkan login sebagai krisna dan lakukan perintah sudo.

apt update sudo

Kamu berhasil menggunakan perintah sudo apt update (gambar atas). Namun kamu tidak dapat melihat isi dari folder /root dikarenakan kamu tidak mempunyai akses root. Untuk menggunakan akses root kamu harus menambahkan perintah sudo. Setelah menambahkan sudo, baru kamu bisa melihat isi folder /root. Perhatikan gambar dibawah berikut.

sudo ls

Sampai disini seharusnya kamu sudah sukses menggunakan perintah sudo dengan krisna. Jika masih ditemukan error mungkin kamu kurang teliti, coba dibaca step by step diatas yaa. Happy reading.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Sudo
https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-create-a-sudo-user-on-ubuntu-quickstart
https://linuxize.com/post/how-to-create-a-sudo-user-on-ubuntu/


Hits: 7

You May Also Like

About the Author: Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *