Cara mengganti Logo Login dan Link Logo WordPress

goBlogs akm.web.id

Bagi kamu pengguna WordPress salah satu CMS dengan jumlah user terbanyak dan forum terlengkap dan bosan dengan tampilan logo wordpress saat akan login ke website kamu, maka kamu wajib coba cara ini untuk mengganti logo login Wordpres menjadi logo kamu sendiri.
Dari sekian banyak cara yang dapat ditempuh, dan setelah saya coba, menurut saya lebih efektif saat kita menambahkan script function untuk merubah logo dari pada menginstall plugin tambahan, selain lebih ringan tentu kita juga sedikit belajar mengenai struktural dari CMS yang kita gunakan.

Cara paling aman adalah kamu harus terkoneksi dengan server hosting kamu, bisa menggunakan FileZilla atau Winscp. Pada kemsempatan ini saya menggunakan Winscp.

Masukan username, port, hostname, dan password kamu. (Baca juga: Cara merubah port SSH)

winscp akm.web.id

Arahkan menuju folder wp-content/themes/ThemeKamu. Lalu edit file function.php

/*Mengganti Logo WordPress*/
function custom_login_logo() {
   echo '<style type="text/css">
     h1 a {background-image: url(' . get_template_directory_uri() . '/images/goBlogsV2.png) !important;}
   </style>';
}
add_action('login_head', 'custom_login_logo');
/*----------------------------------------------------------------*/
/*Mengubah Link*/
function login_logo_url() {
    return 'http://akm.web.id';
}
add_filter( 'login_headerurl', 'login_logo_url' );

Sript tambahan tersebut dapat kamu letakan di bagian paling atas agar lebih mudah. Kotak berwarna kuning merupakan script yang harus kamu copy. Sedangkan untuk yang berwarna merah dapat kamu sesuaikan dgn kebutuhan kamu.

Setelah itu kamu save hasil perubahan yang kamu buat. Lalu lakukan refresh pada page login di WordPress kamu.

Hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan menurut saya pribadi. Namun memang saya akui, script yang digunakan tidak bisa merubah atau menyesuaikan ukuran logo yang akan digunakan. Kekurangan lainnya adalah tidak sesimpel saat kamu menggunakan bantuan plugin untuk merubah logo tersebut. Formnya pun tidak dapat di kostumisasi, hanya mengikuti default saja.

Semuanya saya kembalikan ke kamu, silahkan jika ingin mencoba sambil belajar memahami struktural dari CMS yang kita gunakan. Semoga membantu.

Sumber:
https://bisablog.com/mengganti-logo-wordpress-login/ 

Hits: 4

You May Also Like

About the Author: Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *