Cara Membuat User Baru pada Ubuntu Server

Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat user baru pada ubuntu server. Bagi kamu yang sering bermain dengan server terkadang demi keamanan kita saat ingin mengakses server dengan metode remote ssh kurang aman jika menggunakan user root. Untuk itu ada baiknya membuat user sendiri khusus untuk remote via ssh. Berikut perintah yang harus kamu gunakan untuk membuat user baru.

Baca: Konfigurasi SSH Key Authentication Ubuntu Server

Login dengan menggunakan user root

user login ubuntu 1 akm.web.id

Kemudian langsung buat user baru dan isi beberapa data yang dibutuhkan seperti password, dsb. Pengisian data tambahan tersebut bersifat optional dan tidak diharuskan.

Setelah itu langsung coba untuk menggunakan user yang sudah dibuat

Baca: Konfigurasi SSH Server Ubuntu 18.04

Sampai disini proses untuk membuat user baru sudah selesai. Namun user yang sudah kamu buat hanya bisa melakukan aktivitas biasa seperti berpindah direktori, membuat file, direktori, dan melakukan modifikasi file selain milik user root. User kamu tidak dapat melakukan update atau mengedit file dengan kepemilikan root. User kamu juga tidak dapat mengeksekusi perintah level root dengan sudo karena tidak termasuk di dalam group tersebut.

Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, kamu perlu melakukan beberapa perubahan pada hak akses dari user yang kamu buat. Untuk lebih lengkapnya akan saya update di artikel pada kesempatan yang akan datang. Keep reading. piss ✌🏻

Sumber:
https://websiteforstudents.com/how-to-list-all-user-accounts-on-ubuntu-16-04-18-04/
https://linuxize.com/post/how-to-create-a-sudo-user-on-ubuntu/ https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-create-a-sudo-user-on-ubuntu-quickstart


Hits: 8

You May Also Like

About the Author: Aris krisna

Working at PT. Graha Mitra Teguh with proud as Junior Network Administrator and Junior System Administrator. Learning Linux almost everyday just for fill in his empty brain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *